Khasiat Sirsak Untuk Kesehatan

Sirsak atau nangka Belanda yang sudah dikenal sejak jaman Pemerintahan Kolonial Hindia-Belanda pada abad ke-19 yang kali pertama dibawa oleh orang Belanda dan Amerika ke tanah nusantara ini semakin banyak dikenal hingga saat ini. Sirsak yang dalam bahasa Belanda disebut sebagai Zuurzak atau yang berarti kantung yang asam, sirsak yang juga memiliki nama latin Graviola atau nama ilmiah lainnya yakni Annona muricata dan banyak sebutan lainnya di berbagai daerah di Indonesia.

Sirsak, buah yang pada umumnya hanya dikonsumsi sebagai buah biasa yang dijadikan sekedar jus yang menyegarkan dan buah pencuci mulut saja yang diperkaya dengan kandungan karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya seperti vitamin C dan vitamiin B2 serta vitamin lainnya. Biji nya mengandung racun, oleh karenanya biji sirsak ini hanya dimanfaatkan sebagai obat insektisida alami atau pestisida nabati untuk mengusir hama tanaman. Namun banyak manfaat lainnya yang didapat dari sirsak yang hampir semua bagian tanaman sirsak dapat digunakan dan dimanfaatkan sedemikian rupa untuk pengobatan.

Gambar : Contoh air hasil rebusan daun sirsak

Berikut ini beberapa jenis gangguan penyakit yang dapat diobati oleh sirsak, diantaranya :

1. Untuk sakit ambeien

Buah sirsak yang sudah masak. Peras untuk diambil airnya sebanyak 1 gelas, diminum 2 kali sehari, pagi dan sore hari.

2. Untuk sakit kandung kemih

Buah sirsak setengah masak, gula dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut dimasak seperti membuat kolak. Kemudian dimakan seperti biasa, dimakan rutin setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.

3. Untuk bayi mencret

Buah sirsak yang sudah masak. Ambil daging buah sirsak kemudian peras dan disaring untuk diambil airnya, diminumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok makan, 2 kali sehari.

Gambar : Contoh cara pengolahan daun sirsak untuk obat anti kanker yang disesuaikan dengan stadium kanker yang diderita.

4. Untuk sakit anyang-anyangen

Buah sirsak setengah matang dan gula pasir secukupnya. Sirsak dikupas dan direbus dengan gula bersama-sama dengan air sebanyak 2 gelas, disaring dan diminum.

5. Untuk sakit pinggang

20 lembar daun sirsak, direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 3 gelas, diminum 1 kali sehari 3/4 gelas.

6. Untuk bisul

Daun sirsak yang masih muda secukupnya, ditumbuk hingga halus dan ditambah 1/2 sendok air, diaduk sampai merata, ditempelkan pada bagian bisul.

7. Untuk kanker

10 lembar daun sirsak yang tua direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, minum 2 kali per hari selama 2 minggu. Daun sirsak ini sifatnya seperti kemoterapi, bahkan lebih hebat lagi karena daun sirsak hanya membunuh sel yang tumbuh abnormal (tidak normal) dan membiarkan sel-sel normal lainnya tumbuh.

8. Untuk penyakit liver

Dianjurkan untuk berpuasa makanan lain, hanya minum jus sirsak selama 1 minggu.

9. Untuk eksim dan rematik

Ambil daun sirsak secukupnya, dicuci bersih kemudian tumbuk sampai halus dan tempelkan pada bagian tubuh yang sakit.


=====================================

>>> Kapsul Daun Sirsak AntiKanker Untuk Membantu Pengobatan Penyakit Kanker dan Menurunkan Tekanan Darah, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Khasiat Sirsak Untuk Kesehatan and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>